Sunday 27 April 2014

MANFAAT JILBAB BAGI KESEHATAN WANITA

 APA MENFAAT HIJAB BAGI WANITA ?


    Jilbab adalah busana muslim yang menutupi seluruh badan kecuali tangan dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat bagi kaaum hawa. Namun berjilbab bukan hanya sebatas perintah agama saja, di balik jilbab terdapat manfaat yang mungkin belum kita ketahui. Berdasarkan penelitian menggunakan jilbab atau kerudung merupakan pelindung kulit yang paling ampuh, bahkan melebihi keampuhan SPF – 15. Berikut ulasannya :

Terlindung daru efek sinar UV.
Sinar UV dinilai berbahaya apalagi mengenai kulit dalam waktu tertentu. Masalah kesehatan yang sering diakibatkan oleh sinar UV antara lain kulit keriput, efek hitam, kulit kering, kerusakan mata, hingga kanker kulit. Para ahli kesehatan menyarankan orang untuk memakai sunblock demi melindungi kulit mereka, namun saran yang terbaik sebenarnya adalah memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh.

Terlindung dari udara panas dan dingin.
Udara panas dapat merusak kesehatan khususnya pada otak. Ketika udara sedang panas dan harus keluar rumah, ahli kesehatan menyarankan unyuk memakai pakaian yang bias melindungi diri, terutama pada bagian kepala, mata dan leher untuk mengurangi resiko kesehatan yang membahayakan otak, tubuh yang terkena udara dingin terlalu lama akan membuat seseorang menderita demam, flu, rasa ngilu dan gemetar, pada suhu dingin disarankan untuk menutup kepala dan tubuh dengan pakaian tebal demi menjaga panas tubuh, tes kesehatan membuktikan bahwa 40% - 6-% panas tubuh menurun akibat udara yang terlalu dingin.


Lebih tahan terhadap penyakit.
Kebiasaan  menggunakan jilbab akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih telaten dan bersih. Hal ini secara tidak langsung menjaga imunitas tubuh kita sendiri. Karena kebiasaan menjaga kebersihan dan tubuh terlindungi dari kontak fisik secara alangsung membuat kita jauh dari kotoran, bakteri dan virus penyebab penyakit.

Menjaga kesehatan rambut
Rambut akan terlindungi dari debu, sinar UV dan polusi sehingga batang rambut lebih terjaga kesehatan dan kebersihannya. Interaksi langsung antara rambut dan dunia luar dapat membuat warna dan kemilau rambut jadi kusam. Walau rambut cukup terlindungi dengan menggunakan jilbab, namun perlu diimbangi dengan perawatan yang baik pula.


Apakah jilbab hanya untuk orang Islam ? Coba cari jawabannya di:   http://www.youtube.com/watch?v=CBuM2E6CUj0


Wassalam…semoga bermanfaat.

Sumber : Omah Quran – Maret 2014.

4 comments: