Monday 17 October 2016

Memilih Pemimpin cara Islam




Memilih Pemimpin dalam Islam



Malas baca ? Lihat videonya dihttps://www.youtube.com/watch?v=SybSudlqhRo

Berbicara masalah politik, umumnya tak lepas dari usaha, upaya dan perjuangan meraih kedudukan dalam kepemimpinan di masyarakat, wilayah atau negara. Hal inipun tak seharusnya menyimpang dari firman Allah dalam surat Al Qashash 83 : 


"Itulah kampung akhirat. Kami sediakan bagi orang-orang yang tidak menghendaki ketinggian (pangkat / jabatan) di atas bumi dan tidak membuat kerusakan". 


Dalam sabdanya, Rasulullah SAW melarang mengangkat seseorang yang mencalonkan dirinya menjadi pemimpin. Dalam pemahaman kita jika seseorang menghendaki dirinya menduduki jabatan tertentu, melalui cara apapun biasanya mempunyai tendensi pribadi. Sebaliknya yang perlu mendapat perhatian dan dukungan justru yang merendahkan diri, tidak menonjolkan diri dengan sengaja, tetapi di dalam pandangan bawahan, kelompok atau kaumnya dia sangat mengesankan penampilan akhlaknya, ilmunya dan keikhlasannya.

Dari sinilah, kita bisa berkaca pada diri kita dan apa yang tengah kita hadapi, berkaitan dengan pencalonan para pemimpin, sekiranya seseorang itu begitu bernafsunya untuk memenangkan pemilihan, tentulah ada maksud tertentu dari pribadi tersebut. Apalagi jika calon pemimpin itu termasuk dalam golongan orang-orang yang menjauhkan dirinya dari hukum Allah (agama) dalam menjalankan politik dan kepemimpinannya.






Lihatlah para nabi / rasul, bagaimana mereka dipilih langsung oleh Allah. Tak satupun dari mereka meminta - minta pada Tuhan untuk diangkat menjadi nabi / rasul. Bahkan setelah mereka diangkat menjadi nabi / rasul, justru mereka semakin ikhlas dan menjalankan syariat Allah dalam misi dan kepemimpinannya.

Semoga bermanfaat ..... Amin.

--------------------------------------------------------



No comments:

Post a Comment